Hindarkan diri dari penyakit,ketahui akibat dan penyebabnya..

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Jasmine Khairina - - 0 comments

Kolesterol 
        Kolesterol tinggi berasal dari banyak sumber, mulai dari sejarah keluarga, stres hingga jenis makanan Anda. Berikut ini beberapa penyebab dari munculnya kolesterol:
1. Biasanya ditemukan lemak tak sehat dalam makanan yang berasal dari hewan. Daging sapi, babi, anak sapi, susu, telur, mentega, dan keju mengandung lemak jenuh. Lemak tersebut sangat berbahaya bagi tubuh.
2. Makanan kemasan yang mengandung minyak kelapa, kelapa sawit, kakao atau mentega dapat mengandung banyak lemak jenuh. Anda juga akan menemukan lemak jenuh dalam mentega, minyak sayur, dan sebagian besar kue, kerupuk, keripik, dan makanan ringan lainnya.
3. Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat, dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.
4. Setelah mencapai usia 20, kadar kolesterol Anda alami mulai bangkit. Pada laki-laki, umumnya kadar kolesterol tinggi menetap setelah umur 50. Pada perempuan, kolesterol tinggi tetap cukup rendah sampai mati haid, setelah itu naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada laki-laki.
5. Jika ada anggota keluarga mengidap kolesterol tinggi, bisa jadi Anda juga memiliki bakat atau turunan.
6. Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda. Dan rokok dapat membunuh Anda.
7. Kegemukan yang dapat meningkatkan dan menurunkan HDL triglicerides, atau kolesterol baik.
Kolesterol baik (HDL) Kolesterol jahat (LDL)
            Akhir-akhir ini banyak orang menggunakan obat alami untuk mengobati penyakitnya. Banyak tanaman obat yang secara turun temurun terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Karena murah dan mudah didapat. Berikut tanaman yang bisa dijadikan obat kolesterol, yaitu :
1. Alpukat: mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.
2. Kubis / kol: mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation untuk metabolisme lemak darah.
3. Bawang merah: mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah. Juga Bawang putih, bahan aktifnya s-allyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik.
Kunyit
4. Kunyit: berkhasiat melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus.
5. Seledri: akarnya mengandung asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri. Khasiatnya memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing.
6. Angkak: adalah sejenis cendawan berwarna merah, bisa digunakan untuk membuat arak merah, sebagai bahan pengawet makanan, dan untuk obat. Berdasarkan penelitian, angkak mampu menurunkan kadar kolesterol darah.
       Bahan-bahan alami tersebut bisa dijadikan alternatif bagi kita selain mengkonsumsi obat kimia karena sudah terpercaya bertahun-tahun.

Leave a Reply